WORKSHOP TEACHING FACTORY (TEFA) DI SMK NEGERI 1 GESI
Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Sekolah untuk Pengembangan Teaching Factory

By Taufiqurrohman 11 Nov 2023, 06:23:32 WIB MULTIMEDIA
WORKSHOP  TEACHING FACTORY (TEFA) DI SMK NEGERI 1 GESI

Gambar : Foto bersama narasumber Bp. Andhy Rinanto, ST, M.T


WORKSHOP  TEACHING FACTORY (TEFA) DI SMK NEGERI 1 GESI

Teaching Factory (TEFA) merupakan hal yang penting di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan. TEFA adalah sebuah pembelajaran praktik di SMK  yang didasarkan kepada produk yang merupakan order dari dunia usaha/industri. Jadi boleh dikatakan seolah-olah produksi barang yang biasanya dilakukan di sebuah perusahaan, tapi dibawa ke sekolah dan dikerjakan oleh siswa SMK.  

Workshop tentang Pemanfaatan Sarana dan Pra Sarana sekolah untuk pengembangan teaching factory di SMK Negeri 1 Gesi menghadirkan Bp. Andhy Rinanto, S.T., M.T sebagai narasumber dari Politeknik ATMI Surakarta yang sudah menerapkan pola TEFA dalam kegiatan pembelajaran/perkuliahan. 

Workshop ini dilaksanakan selama 2 hari, Rabu dan Kamis, 8 dan 9 Nopember 2023. Diikuti oleh guru kejuruang Teknik Otomotif, DKV dan Busana serta guru Umum.  Pada hari pertama beliau menjelaskan tentang konsep TEFA dalam pembelajaran, Implementasi Jadwal Blok, juga menceritakan tentang praktik TEFA. Pada hari Kedua beliau menjelaskan tentang Implementasi TEFA dengan memulainya mengidentifikasi produk yang akan dijalankan. Dalam bentuk Praktik dan simulasi. sehingga peserta antusias mengikuti kegiatan sampai selesai. 

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment